STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
PAUD. AL-IN'AM
1. STUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum 2013 PAUD merupakan pola dan susunan bidang pengembangan yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam
kegiatan pembelajaran. Kedalam muatan kurikulum PAUD dituangkan dalam kompetensi
yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum
dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan lama
belajar
Di dalam pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Struktur program kegiatan memuatprogram – program pengembangan.
1.
Program pengembangan di PAUD Al-In'am mencakup;
(1)
Nilai-nilai agama dan moral, (4) Bahasa,
(2)
Fisik– Motorik (5) Sosial
emosional
(3)
Kognitif, (6) Seni
2.
Alokasi waktu
Untuk alokasi waktu
dijadwalkan sesuai dengan tingkat perkembangan dan usia peserta didik dengan
rincian sebagai berikut :
3.
Jam kegiatan efektif per hari 2,5
jam (150 menit) dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
Alokasi waktu satu jam kegiatan adalah 30 menit, dengan perincian:
1. Kegiatan pembukaan : ± 30 menit
2. Kegiatan inti :
± 60 menit
3. Istirahat ( makan
dan minum ) : ± 45 menit
4. Kegiatan penutup : ± 15
menit
4.
Tabel Struktur Program
Pengembangan dan Lama Belajar PAUD TK-
KB AL-IN’AM
Program
Pengembangan
|
Kompetensi
|
Lahir-
2 tahun
|
2-4
tahun
|
4-6 tahun
|
|
1.
Nilai
agama dan moral
2.
Fisik
motorik
3.
Kognitif
4.
Bahasa
5.
Sosial
emosional
6.
Seni
|
A. Sikap Spiritual
B. Sikap Sosial
C. Pengetahuan
D. Keterampilan
|
120 menit per minggu
|
360 menit per minggu
|
900 menit per minggu terdiri
atas 540 menit tatap muka dan 360 menit pengasuhan terprogram
|
900 menit per minggu
150 menit untuk 6 pertemuan per minggu atau 180 menit untuk 5 pertemuan per
minggu
|
Uraian tentang Kompetensi PAUD AL-IN'AM dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
KI. 1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Mempercayai adanya Tuhan
melalui ciptaan-Nya
|
1.2.
Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan.
|
|
KI. 2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin
tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi
dengan keluarga, guru, dan teman.
|
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan
hidup sehat
|
2.2. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
|
|
2.3. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
|
|
2.4. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
|
|
2.5. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri.
|
|
2.6. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
|
2.7. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
|
2.8. Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
|
|
2.9. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
|
2.10. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
|
|
2.11. Memiliki perilaku yang dapat
menyesuaikan diri
|
|
2.12. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap tanggung jawab
|
|
2.13. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap jujur
|
|
1.14
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
|
KI. 3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru,
lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan
satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indera (melihat, men-dengar, menghidu,
me-rasa, meraba), mena-nya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi/mengasosiasikan, dan mengkomu-nikasikan melalui kegiatan main
|
3.1. Mengenal kegiatan beribadah
sehari-hari
|
3.2. Mengenal perilaku baik sebagai
cerminan akhlak mulia
|
|
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
|
|
3.4. Mengetahui cara hidup sehat
|
|
3.5. Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
|
3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya)
|
|
3.7. Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
|
3.8. Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|
3.9. Mengenal teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
|
3.10. Memahami bahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
|
|
3.11. Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|
3.12. Mengenal keaksaraan awal
melalui bermain
|
|
3.13. Mengenal emosi diri dan orang
lain
|
|
3.14. Mengenali kebutuhan,
keinginan, dan minat diri
|
|
1.15.
Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
|
KI 4: Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia.
|
4.1. Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
4.2. Menunjukkan perilaku santun
sebagai cerminan akhlak mulia
|
|
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
|
|
4.4. Mampu menolong diri sendiri
untuk hidup sehat
|
|
4.5. Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
|
4.6. Menyampaikan tentang apa dan
bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai
hasil karya
|
|
4.7. Menyajikan berbagai karyanya dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
|
4.8. Menyajikan berbagai karyanya
dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|
4.9. Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
|
4.10. Menunjukkan kemampuan
berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|
4.11. Menunjukkan kemampuan
berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|
4.12. Menunjukkan kemampuan
keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
|
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri
secara wajar
|
|
4.14. Mengungkapkan kebutuhan,
keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
|
4.15. Menunjukkan karya dan
aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Foto Bersama Guru Paud dan Tamu Dari Dinas Kab. Sumenep
Tidak ada komentar